Body Mass Index (BMI) sebagai Indikator Berat Badan

Apa itu Body Mass Index (BMI) ?

CaraDietPalingCepat.Com, Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan selanjutnya kita singkat saja BMI adalah suatu indikator berupa angka yang menggambarkan perbandingan berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter). Karena BMI adalah sebuah Value atau Nilai, maka BMI tidak memiliki satuan.

Apa Fungsi dan Kegunaan BMI

Pertama yang perlu dipahami adalah BMI yang akan kita bahas hanya berlaku untuk orang dewasa diatas 20 tahun, untuk yang dibawah 20 tahun cara pendekatan nya berbeda. OK, seperti yang dijelaskan diatas, BMI adalah indikator berupa angka yang menggambarkan perbandingan Berat Badan dengan Tinggi Badan. Angka tersebut juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan kadar relatif lemak tubuh seseorang. Angka BMI itu dipakai untuk memperkirakan apakah seseorang memiliki badan yang terlalu kurus, ideal, atau terlalu gemuk/obesitas.

Angka BMI hanyalah sebagai alat bantu untuk menilai status berat badan seseorang terhadap resiko kesehatan sebagai akibat dari kekurangan atau kelebihan berat badan. Perlu kita clear kan dulu bahwa BMI tidak digunakan untuk diagnosis kondisi kesehatan seseorang, untuk diagnosis tetap harus ke dokter ya. Angka BMI hanya dipakai oleh dokter atau masyarakat awam untuk menilai status berat badan seseorang terutama berkaitan dengan resiko kesehatan tertentu.

Bagaimana Cara Menghitung BMI

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, BMI merupakan perbandingan antara Berat Badan dibagi dengan Kuadrat Tinggi Bada, maka untuk menghitung BMI, maka harus diketahui terlebih dahulu Berat Badan (Kg) dan Tinggi Badan (Meter). Mari kita coba, timbangan Berat Badan kamu berapa dan Tinggi Badan Kamu berapa. Berikut sebagai contoh hitungan BMI:

Rumus Menghitung BMI
Rumus Menghitung BMI

 

Dari hasil perhitungan BMI diatas, kita dapatkan angka BMI adalah 27,25. Angka ini harus kita referensikan ke BMI Chart (Diagram BMI) untuk mendapatkan Status Berat Badan kita. BMI Chart adalah sebuah diagram yang memudahkan kita dalam membaca angka BMI kita, apakah kita termasuk memiliki Berat Badan ideal atau Kegemukan. Mari kita lihat BMI Chart sebagai berikut :

BMI Chart
BMI Chart by https://caradietpalingcepat.com

Hasil perhitungan BMI kita tadi 27,25, sekarang kita cek ke BMI Chart, tarik garis lurus sesuai dengan Berat Badan dan Tinggi Badan, kita dapat angka 27 di area kuning, secara umum boleh dikatakan orang dengan tinggi 167 Cm dan berat 76 Kg termasuk kategori Overweight.

BMI digunakan untuk Menentukan Status Berat Badan, kategori nya sebagai berikut :

BMI < 18,5 : Berat Badan Kurang
BMI 18,5 – 24,9 : Berat Badan normal atau Ideal
BMI 25 – 29,9 : Kelebihan Berat Badan atau Overweight
BMI > 30 : Kegemukan atau Obesitas

BMI hanya sebagai Indikator Awal Status Berat Badan dan Kaitannya dengan Kesehatan

Seperti penjelasan sebelumnya, angka BMI hanya digunakan sebagai indikator awal status Berat Badan kita dikaitkan dengan kondisi atau resiko kesehatan. Pada umumnya jika orang kegemukan atau obesitas maka akan rentan terhadap penyakit hipertensi, jantung dan lainnya. Ini hanya kesimpulan secara umum, belum didukung oleh data hasil pemeriksaan medis. Iya untuk hasil yang lebih akurat, Kamu tetap harus memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Beberapa Kekurangan BMI sebagai Indikator Status Berat Badan

BMI sebagai indikator awal status berat badan seseorang juga memiliki kekurangan, oleh karena itu setelah mengetahui angka BMI sebaiknya Kamu tetap berkonsultasi dengan Dokter, yang akan memeriksa dan menentukan kondisi berat badanmu apakah ideal atau memang over dan beresiko terhadap kesehatanmu.

Berikut ini beberapa kekurangan BMI yang mesti dipertimbangkan :

  1. BMI belum mempertimbangkan faktor usia. Pendekatanya angka BMI untuk Lansia cenderung kurang dari estimasi.
  2. BMI belum menghitung massa otot. Orang yang suka berolahraga maka massa ototnya akan lebih berat dibanding orang biasa, maka angka BMI untuk olahragawan cenderung lebih dari estimasi.
  3. Wanita Hami jelas BMI nya lebih dari estimasi.
  4. BMI juga bervariasi untuk orang dari berbagai ras, bentuk rangka tubuh jelasa akan mempengaruhi berat badan seseorang. Misalnya bentuk rangka tubuh orang Asia berbeda dengan rangka tubuh orang Eropa atau Afrika.

Kalkulator BMI

Sekarang untuk menghitung berapa angka BMI kamu sudah sangat mudah, banyak sekali kalkulator BMI tersedia. Cukup search di mesin pencari dan kamu tinggal menggunakannya.Kamu juga dapat menggunakan yang Kami sediakan di sidebar blog ini. Tinggal masukkan berapa berat badan dan tinggi badan mu kemudian pencet CALCULATE akan keluar berapa angka BMI kamu.

Itulah sedikit informasi tentang Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia Indeks Massa Tubuh (IMT), sekali lagi angka BMI ini hanya sebagai indikator awal, apakah Kamu Kurus, Ideal, Overweight atau bahkan Obesitas.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Menu Sehat untuk Diet yang Efektif

Menu Sehat untuk Diet yang Efektif

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

11 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan Aman Dan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *